Peluang Kerja bagi Mahasiswa ber Komputer-Laptop

Apa peluang kerja bagi mahasiswa-mahasiswi yang memiliki laptop komputer? Pekerjaan tersebut hanya sampingan agar tetap bisa fokus pada kuliah. Tetapi penghasilannya lumayan bisa ratusan ribu hingga 1 - 2 juta per bulan. Mahasiswa hanya kerja berat di awal saat merintis saja. Setelah itu hanya perlu memonitor saja tiap minggu. Penasaran bukan?


Peluang kerja dimaksud adalah membuat dan menulis web (blog posting). Contohnya seperti www.ban-pt-universitas.com, dulu ekstensinya blogspot.com. Setelah tulisan cukup banyak, 6 bulan berikutnya website ini memasang iklan dari layanan iklan yang umum digunakan (bukan google adsense). Karena penerimaan iklan dalam bentuk US$ maka nilainya cukup tinggi saat dirupiahkan, mulai dari ratusan ribu/bulan, hingga selama 6 bulan terakhir Rp 2 jutaan/bulan. Penghasilan Rp 1 jutaan tentu lumayan bukan bagi mahasiswa?


payment received by paypal

Enaknya lagi, apabila tulisan sudah cukup banyak dimuat pada 6 bulan pertama, traffic pengunjung sudah stabil atau trend meningkat, maka tinggal bersantai pada bulan-bulan berikutnya. Hanya perlu memonitor web saja setiap beberapa hari, atau buat tulisan 2 lembar setiap beberapa minggu. Sementara pendapatan dari iklan akan tetap mengalir setiap bulannya ke akun paypal dan rekening bank.

Harusnya mahasiswa tertarik membuat blog website personal/pribadi karena tidak ada biaya sama sekali. Hanya butuh komputer/laptop untuk mencari data di internet dan kemudian membuat tulisan. Lagi pula mahasiswa sudah terbiasa membuat laporan/praktikum sehingga tidak sulit membuat sebuah tulisan blog yang umumnya 1 - 2 lembar.

Pikirkan Topik Blog


Karena blog yang dimaksud ini adalah bersifat personal, maka kesampingkan web yang sulit dan butuh biaya besar. Seperti blog berita detik, liputan6 atau viva.com yang informasinya harus update setiap saat sehingga harus dikelola secara organisasi/korporasi. Juga situs belanja online (i commerce) seperti lazada, bukalapak, mataharimall, blibli, olx, tokopedia, alibaba, amazon-USA, yang dibuat oleh organisasi perusahaan.

Pikirkan tentang blog yang dapat dibuat dan ditulis sendiri oleh mahasiswa. Gunakan latar belakang jurusan kuliah di kampus sebagai dasar memilih topik. Misalnya seorang mahasiswa komputer teknik informatika-IT, dapat membuat blog tentang cara dowload dan menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis windows, berbasis android, IOS, dan lainnya. Ditambah dengan satu blog lagi tentang hobi main game yang berisi cara instalasi, tips dan trik memainkan setiap jenis game online dan offline. Jika ada 50 judul game, maka berarti ada 50 judul tulisan dan puluhan tulisan lainnya tentang perbandingan satu game dengan game lainnya.

Macam Topik


Topik blog sebaiknya spesifik untuk satu topik tertentu. Berikut ini dapat dilihat contoh topik blog.

  • Fashion/Wanita/kecantikan: situs membahas produk-produk kecantikan, dll
  • Edukasi: tentang buku-buku sekolah, soal-soal UN, atau PTN-PTS.
  • Restoran/makanan: resep-resep masakan padang, resep masakan lainnya
  • Komputer/IT/webmaster: bidang komputer, hardware, software, networking, website
  • Bisnis/industri/keuangan: info menabung, kartu kredit, kredit pinjaman, keuangan perbankan, dan bisnis tertentu lainnya.
  • Game: membahas game terbaik di pc, android, playstation, dan juga download
  • Olahraga: terutama bola sangat banyak diminati, renang, beladiri, dll
  • Kesehatan: info penyakit dan kesehatan, info herbal tradisional, info pengobatan alternatif
  • Rumah/apartemen: info rumah dijual, macam-macam desain rumah minimalis, dll
  • Barang antik/lelang: umumnya masih sedikit ditelusuri di google Seni: animasi, seni musik, tari, desainer interior, arsitektur
  • Ilmu science: ilmu dan teknologi fisika, kimia, astronomi
  • Hobbi: spesifik untuk setiap hobi
  • Pet/binatang: seperti kucing, anjing, ayam bangkok, burung, ternak ayam
  • Anak-anak: perawatan dan pertumbuhan balita, atau remaja
  • Dewasa: situs-situs dewasa berbau porno (dilarang)

Memulai membuat blog


Memulai sesuatu umumnya terasa berat. Padahal membuat blog itu sangat mudah, terutama jika menggunakan blogger.com (blogspot.com). Hanya dengan membuat email (gmail.com) di google, dan kemudian mendaftarkan buat blog baru di blogger.com. Tidak ada biaya sama sekali. Jika saatnya nanti, ingin mengganti blogspot.com menjadi .com (nama domain sendiri) dapat dilakukan kemudian setelah situs banyak dilihat pengunjung. Itupun hanya Rp 15 s/d Rp 200.000, untuk harga beli domain.

Informasi yang diisi saat mendaftarkan blog baru hanya judul blog dan nama blog. Misalnya judul blog "Game terbaik dan favorite Indonesia". Maka nama blog yang singkat untuk judul tersebut contohnya "gameok" atau "gamespace" atau nama lain yang menggunakan kata "game".

Selengkapnya langkah-langkah membuat blog website lihat di website pcintelnet.blogspot


Demikian tentang informasi peluang kerja bagi mahasiswa yang memiliki komputer atau laptop di rumah.


Share: WhatsApp

1 comment: